Jumat, 02 Juni 2017

SILSILAH KYAI SOSROREDJO ing DOLOPO DARI GARIS IBU BELIAU


POHON SILSILAH KYAI SOSROREDJO ING DOLOPO
GARIS PANCER SAKING IBUNDANYA



SUNAN AMPEL / SAYYID AMPEL DENTA / SAYYID MAULANA RAHMATULLAH
sumare ing AMPEL DENTA SURABAYA
Peputro :
|
PANGERAN TUMAPEL / PANGERAN LAMONGAN / SYAIKH KAMBYAH
Peputro :
|
PANGERAN PANDAN ARANG II / SUNAN PANDAN ARANG / 
SUNAN PANDANARAN II / SUNAN TEMBAYAT
(MANTUNIPUN PANGERAN PANDAN ARANG I / PANGERAN MADE PANDEK)
sumare ing GUNUNG JABALKAT, Ds. PASEBAN, BAYAT, KLATEN
Peputro :
|
R. ISKAK / PANEMBAHAN DJIWO
sumare ing GUNUNG JABALKAT, Ds. PASEBAN, BAYAT, KLATEN
Peputro :
|
PANEMBAHAN DEMANG KABUL / PANEMBAHAN MINANG KABUL / 
PANEMBAHAN KABO
sumare ing GUNUNG JABALKAT, Ds. PASEBAN, BAYAT, KLATEN
Peputro :
|
PANGERAN MASJID WETAN I
sumare ing GUNUNG JABALKAT, Ds. PASEBAN, BAYAT, KLATEN
Peputro :
|
PANGERAN SUMENDI I / PANGERAN SEMENDI
sumare ing GUNUNG JABALKAT, Ds. PASEBAN, BAYAT, KLATEN
Peputro :
|
PANGERAN NERANGKUSUMO / PATIH NERANGKUSUMOPatih Kraton Mataram Kartosuro, babad alas Wonokerto kagem Kraton Kartosuro Rabu Pon, 27 Ruwah, Tahun Alip, 1603 
Peputro :
|
R. JOYOLEYANGAN / KI AGENG R.M. NGABEI JOYOLEYANGAN
(MANTRI LEBET al. PUNGGAWA BAKU-nipun PANGERAN SAMBERNYOWO 
KGPAA MANGKUNEGORO I ing SUROKARTO) sumare ing SASONO LOYO 
SENTONO GEDHE, MATESIH, KARANG ANYAR
Peputro :
|
R.TIRTOLESONO
sumare ing TAMAN MADIUN
Peputro :
|
R. NYAI GAJAH SURENGPATI II / NYAI AGENG GAJAH SURENGPATI
(GARWO KYAI AGENG GAJAH SURENGPATI WEDONO PRAJURIT ing MADIUN)
sumare ing GAJAHAN, ASEM PAYUNG, DOLOPO MADIUN
Peputro :
|
KYAI SOSROREJO / R. SOSROREJO 
(PALANG DOLOPO, MANTRI BUPATI MADIUN sumare ing DOLOPO MADIUN)



Silsilah punika kaserat saking :
- Silsilah Kyai Sosroredjo ing Dolopo
- Silsilah Keluarga R.Ronggo Prawirodirdjo yang disusun oleh alm. R.M. Prawirohadiwinoto

72 komentar:

  1. Kakek saya bernama R. Soepardi Harjo Prawiro, tinggal di Magetan,pensiunan Pengawas Pos di Situbondo th 1959 meninggal th 1973, dulunya sering bermain ke Dolopo, sewaktu kecil pernah ikut pamannya (saya ndak tau namanya) di Bali. Kalau memanggil ibu tiri saya dg panggilan Dik (masih bersaudara). Ibu tiri saya punya silsilah dari Kyai Ageng gajah Sorengpati dan sering mengunjungi makam di Taman Madiun. Ibu tiri saya ini putri dari Eyang Sosro Sewoyo bin Sosrodihardjo bin RM Pawirososro (patih Purwodadi) Yang saya tanyakan, Kakek saya ini putra siapa.. ?? Saudara kakek ada 2 perempuan semua, beliau pancuran kapit sendang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam kenal dari saya Brahmantia Gentur Pamuji,
      nuwunsewu mengenai Eyang R.Soepardi Harjo Prawiro saya belum menemukan nama tersebut dalam silsilah Eyang Kyai Ageng Gajah Surengpati, namun saya akan coba membantu mencarinya, yang pertama menilik dari cerita panjenengan, apabila Eyang R.Soepardi Harjo Prawiro memanggil Ibu panjenengan dengan sebutan "Dik" kemungkinan drajat beliau masih setara dengan Ibu Tiri panjenengan berarti masih sama-sama keturunan Eyang RM.Prawirososro & R.Ngt.Mintoresmi binti Kyai Ageng Gajah Surengpati, yang kedua dalam Buku solosilah keturunan Kyai Ageng Gajah Surengpati yang disusun oleh R.Soediro, dimana keturunan RM.Prawirososro & R.Ngt.Mintoresmi tercantum nama ke lima putra/putrinya yaitu 1.R.Ngt. Wiroatmodjo, 2.R.Sosrodihardjo, 3.R.Hardjo Winoto, 4.R.Sosro Koesoemo, 5.R.Ngt.Prawirodimedjo, dan dalam buku solosilah tersebut hanya tertera keturunan R.Sosrodihardjo sedangkan keturunan dari saudara sekandung R.Sosrodihardjo yang lain belum tertera kemungkinan Eyang R.Soepardi Harjo Prawiro(Kakek) panjenengan bisa jadi adalah keturunan dari saudara sekandung Eyang R. Sosrodihardjo dan pastinya namanya belum tertera di Buku Solosilah Eyang Kyai Ageng Gajah Surengpati, yang ketiga R.Ngt.Mintoresmi adalah putri nomor 4 dari ke 6 putra/putri Eyang Kyai Ageng Gajah Surengpati, apabila R.Soepardi Harjo Prawiro memanggil Ibu Tiri panjenengan dengan sebutan "Dik" kemungkinan juga beliau masih keturunan kakak kandung/saudara dari Eyang R.Ngt.Mintoresmi yaitu R. Marto Sentono, R. Djajengkoro, dan R. Tirtodiwirjo, maaf ini kemungkinan...

      Mohon maaf apabila saya belum bisa membantu panjenengan, namun apabila ada informasi akan saya sampaikan...Maturnuwun

      Hapus
  2. Assalamuallaikum wrwb, Salam kenal Saya Handri Santoso wayah/cucu Eyang Sapto Prawiro Adisumo sewaktu kecil sampe SR kelas IV tinggal ikut eyang di rumah Sosrorejan Asempayung Dolopo. Pengalaman kecil sering menemani tamu kalo ziarah/Nepi ke makam Eyang Gajah Sorengpati.Seingat saya keturunan/kerabat dulu memakai huruf abjad A,B,C dst. Kebetulan saya pada garis keturunan F. Di kota Malang kami masih rutin melakukan pertemuan rutin/arisan kerabatan Sosrorejan, Namun kami kurang paham, kurang familiar sejarah kerabatan tsb.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waalaikumsalam Warahmatullahi Wabarakatuh, Alhamdulillah sugeng tetepangan Mas, panjenengan leres rayinipun(adiknya) Mas Harry Basuki nggih? Mas Harry Basuki yg kerja di Pabrik Gula..
      Inggih Mas sejarahipun Eyang Kyai Sosroredjo seperti itulah...

      Hapus
    2. Betul hardcopy turunan langsung dari Sosroredjo dikode A,B,C dst, cucu dst dg angka. Eyang Sosrorefjo adalah eyang canggah saya

      Hapus
    3. Njih Om, leres, Kode-kode itu sebetulnya juga sebagai kunci untuk memperkenalkan diri antar keluarga Trah Sosroredjan.

      Hapus
  3. Nuwun sewu, saya Doddy, saya punya kakak perempuan bernama mBak Melok dan Mas Jeber (meninggal sebelum saya lahir) juga dimakamkan di komplek makam Sosroredjan. SAya anak dari Ibu Noek yang bersuamikan Haroen Soemarsono (orangtua saya). Ketika saya ke madiun pasti nyekar di makam itu dan mampir di dalem eyang Sapto (suwargi) disitu saya temui Mas Mul dan Mbak Titong yang menyimpan/membawa kunci makam dan saya selalu mampir di sendang. Karena saya anak paling kecil dan hanyadapat cerita2 dari orangtua saya. kakek/ nenek saya adalah Eyang Kolektur (dulu menyebutnya seperti itu) tinggal disebelah dalem Eyang Sapto. Dan saya masih ingat sewaktu kecil jika ke dolopo selalu ke eyang Sapto putri ketika itu masih sugeng dan sering mampir juga di dalemnya Eyang Dipo (suwargi) yang dalemnya didepan eyang Sapto.Sampai sekarang jika saya ke Madiun saya sempatkan mampir di Asem Payung untuk nyekar.

    BalasHapus
  4. maaf ada salah tulis bukan eyang Dipo tetapi Eyang Kudo

    BalasHapus
  5. Oh injih Pak, leres Eyang Kudonowarso, tepatnya yaitu Eyang R. Munandar Kudonowarso.Injih sakmenika ingkang nyepeng kunci Sendang kaliyan Pesarean punika Pak Puh Mul.

    Kulo saking huruf I putu canggahipun Eyang R. Suparman Hardjokusumo.

    Lajeng panjenengan dari grad/huruf apa? nyuwun pangapunten saya kesulitan dalam mencari nama Ibu Noek dan Bapak Haroen Soemarsono didalam Silsilah Eyang Kyai Sosroredjan...maturnuwun.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kulo Putu saking eyang Askandar, kalo dulu saya sering nyebatipun Eyang Kolektur

      Hapus
    2. Maaf bisa disebutkan Eyang Askandar kagungan garwo asmanipun sinten?

      Hapus
  6. Harjoprawiro dengan Hadiprawira,Menurut orang" tua dari hadiprawira katanya asal mula Hadiprawira ini dari Harjoprawiro

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf Harjoprawiro jalur silsilah dari Eyang mana? monggo kalau tidak keberatan untuk diuraikan silsilah lurus dari Eyang R. Sosroredjo sampai Harjoprawiro, terimakasih..

      Hapus
  7. Assalamualaikum wrwb perkenalkan nama saya wawan setiawan asli dan tinggal dibogor ini almrhmh ibu saya yang bernama ibu cicik sriningsih asli kelahiran dolopo dl belau masih hidup sempat menceritakan leluhur dengan mentebutkan sislilah mulai dari eyang kyai ageng gajah surengpati-eyang sosrorejan-eyang raden sundoro harjokusumo(bapak dari ibu saya) mungkin ada yang bisa bantu untuk informasi dan meluruskan karena saya kurang mengetahui banyak trima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waalaikumussalam Warahmatullahi Wabarakatuh ..., wah maaf jarang up date, Salam kenal juga Om Wawan, oh iya untuk koreksi panjenengan, jalurnya seharusnya Eyang Gajah Surengpati peputra Eyang R. Sosroredjo peputra Eyang Suparman Hardjokusumo peputra Eyang R. Sundoro..
      nah menika terkenal di jalur (i)

      Hapus
    2. oh iya ini dalam silsilah untuk keterangan Eyang Cicik Sriningsih belum ada keterangan, monggo untuk dibantu mengurai untuk nama-nama putra/putri Eyang Cicik Sriningsih siapa saja? yang saya lihat putra/putri Eyang R. Sundoro ada 9 orang..

      Hapus
    3. Eh mohon maaf saya ralat, untuk putra/putri Eyang R.Soendoro ada 10 orang, lalu Eyang Cicik Sriningsih, putri nomor berapa ya? Dan mohon maaf Mas Wawan no.WA anda tidak bisa saya hubungi

      Hapus
    4. 088217955095

      Wa kulo gih.. Mangke saya masukan ke Group keluarga besar Sunan tembayat supaya ikatan kekeluargaan kita tetap tersambung

      Terimakasih

      Hapus
    5. Njih InsyaAllah...maturnuwun Mas/Mbak Bibie, pangapunten untuk sekarang saya lebih fokus ke Sosroredjan dan Trah Madiunan...

      Hapus
    6. Bibie.. apakah trah sewulan madiun jalur kebawahnya ke trah Kediri....???

      Hapus
  8. Assalamualaikum wrwb perkenalkan sy wawan dr bogor ini sy ingin byk informasi tentang keluarga dari ibu saya (cicik sriningsih)lahir di dolopo sebelun beliau wafat sempat bercerita kepada saya tentang nama leluhur mulai menyebutkan nama eyang gajah surengpati-eyang sosrorejan-eyang raden sundoro harjokusumo mungkin ada yang bisa bantu untuk meluruskannya dan saya berharap bisa menyambung dengan klrg ibu saya trima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mas Bram tolong WA saya saya indra Wahyudi C256 Putra oom Wo C25 adik budhe Tikah C21 saya di jogja pengin main ke dolopo pengin ketemu putra wayah budhé Tikah. No saya 09562551551

      Hapus
    2. Njih Mas, pangapunten baru bisa balas, oh njih sumanggaaken, mengenai keberadaan putra wayah Eyang intikah (C21) dalem kenal beberapa, yaitu Bulik Rini garwo alm.Pak Marwan Rumah di Madiun dan Mas Galih rumah di Sidoarjo putranya Bulik Subur Trimulyani binti Eyang R. Soejono Sosrodihardjo Semare Krandegan (C214), lajeng Garwonya Eyang R. Soejono yaitu Eyang putri R.Ngt.Soesti Hartini saat ini keberadaannya sekarang di ndalem Bulik R.Ngt.Rini Sulistiyowati.

      Hapus
    3. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    4. Assalamualaikum, perkenalkan saya dana, cucu dri eyang soejono krandegan, ibu saya adiknya budhe rini, (C21452 (maaf kalau salah penomerannya) salam kenal, kalau boleh,dan berkenan, apa saya bisa minta soft file atau fotocopy, buku silsilahnya? 🙏terimakasih

      Hapus
  9. Ini no tlp sy wawan 085559703287-085778499918

    BalasHapus
    Balasan
    1. terimakasih infonya, nomor telpon saya simpan..., dan mohon maaf klo belum sempat menghubungi...

      Hapus
  10. Balasan
    1. iya bisa Om, tunggu WA dari saya nggih...

      Hapus
    2. No.WA Panjenengan tidak bisa saya hubungi.

      Hapus
  11. Nyuwun sewu mas,nderek tanglet.
    Kyai sosrorejo nopo gadah putro paring asmo cokrosono?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mungkin berkaitan dengan sejarah Eyang Cokrosono Desa Bangunsari ya? Pertanyaanya apakah putra wayah Eyang Cokrosono masih kagungan seratan silsilah?

      Hapus
    2. Dalam Babad Desa Bangunsari dikisahkan sebagai berikut oleh Seniman Karawitan Mbah Warsidi asal Desa Bangunsari..

      Dilihat dari sisi legenda babad desa, maka dapat diceritakan sebagai berikut. Dulu, wilayah Dolopo yang sebagian masih berwujud hutan dan mempunyai penduduk yang masih sedikit sedang tidak aman.

      Karena tidak aman, maka palang Dolopo mempunyai pandangan untuk menikahkan keponakannya asal kanigoro dengan seseorang yang mempunyai keturunan ningrat. Maka dalam angan-angan palang Dolopo muculah ide untuk mendatangi seseorang di desa Tambak Merang. Orang tersebut masih keturunan dari kerajaan Majapahit bergelar Gajah Suropati. Lalu Gajah Suropati mempunyai anak laki-laki bernama Mbah Cokrosono. Maka Mbah Cokrosono lah yang dibawa oleh palang Dolopo untuk dinikahkan oleh keponakannya dari Kanigoro. Istri mbah Cokrosono merupakan anak dari adik palang Dolopo yang berprofesi sebagai penghulu di Kanigoro. Setelah menikah, mbah Cokrosono diberi sebuah wilayah oleh palang Dolopo, dan disuruh mbabad wilayah tersebut mulai dari wilayah kuburan sosorejan, sukorejo ke barat.

      Dalam proses babadnya bersama sang istri, Mbah Cokrosono beristirahat, dan membangun sebuah gubuk kecil dari bambu pada sebuah pohon juwet besar. Dalam peristirahatannya itu, untuk keperluan minum, Mbah Cokrosono mengambil air di sebuah belik di bawah pohon suko besar di pinggir sebuah sungai di Dolopo. Karena keberadaan sebuah belik di bawah pohon soko besar, maka sekarang menjadi desa Sumbersoko. Dan sebuah dusun dinamai dusun Juwet karena dahulu ada sebuah pohon juwet besar yang digunakan oleh mbah Cokrosono istirahat oleh sang istri dalam proses babad tanah Dolopo. Tapi sekarang pohonnya sudah tidak ada karena ditebang. Namun kayunya masih ada dan dijadikan sebuah meja dan diletakkan di rumah mbah tuki, salah satu sesepuh desa.

      Lalu setelah babad selesai, Mbah Cokrosono bersama sang istri mempunyai 4 orang anak. Yaitu Kromosono, Karinem, Joyo Ripangi, Kariyah. Mbah Kromosono turunnya di wilayah desa Sumbersoko, Mbah Karinem turunnya di Wilayah dusun Tempuran, Mbah Joyo Ripangi turunnya di wilayah Desa Juwet, dan Mbah Kariyah turunnya di daerah Bangunsari Krajan. Lalu anak perempuan yang paling muda (Mah Kariyah) mempunyai hak gawan berupa rumah bujuk dan sebuah Gong. Lalu mbah Kariyah sendiri mempunyai beberapa anak, dan anak perempuan yang paling muda dari mbah Kariyah berhak atas rumah bujuk tersebut. Lalu rumahnya oleh anak mbah Kariyah diberikan pada Mbah Rohmat. Sedangkan Gongnya diberikan kepada Mbah Yasinah, dan sekarang berada di Slambur. Sampai sekarang pun Gong tersebut masih ada dan masih terawat, namun jarang dipakai karena merupakan Gong yang dikeramatkan karena merupakan bukti adanya babad desa Bangunsari.

      Hapus
  12. assalamualaikum,

    perkenalkan saya bagus setiabudi domisili surabaya,eyang putri saya rr.harweni dari eyang kudonowarso kalau tidak salah. (mohon maaf jika salah penulisan)
    beliau mempunayi adik yang biasa kami panggil eyang sam domisili juga di madiun (nama lengkapnya saya kurang paham)
    seingat saya beberapa kali ketika saya kecil (tahun 1990an)sering diajak ke dolopo,ziarah ke makam eyang sosroredjan,melewati tempat bertapa beliau dan menyeberangi sungai,dan kalau tidak salah didepan ada tk dan musolanya,
    dan dulu ada buletin yg isinya daftar turunan mbah sosroredjan di halaman depan.

    yang saya tanyakan apa njenengan punya soft file tentang garis turunan hingga eyang saya..ngapunten jikalau berkenan,bolehkah saya nyuwun copyan file tersebut..matur suwon

    wassalamualaikum

    BalasHapus
  13. Waalaikumussalam wr wb, salam kenal juga Mas Bagus Setiabudi, mohon maaf atas keterlambatannya membalas pesan. Dari cerita panjenengan memang betul demikian adanya mengenai gambaran peninggalan suwargi Eyang Kyai Sosroredjo di Delopo. Dan mengenai Eyang Sam/Syam (lebih tepatnya Eyang Rr.Harsyamsiah, pensiunan Guru SMP Negeri 1 Madiun. Lalu nuwunsewu dan mohon maaf sebelumnya, dalem mungkin ada pertanyaan dahulu, anda benar putra dari Pak Bambang Arisakti? dan panjenengan adalah putra nomor dua? lalu ada berapa putra/putri Eyang Rr. Harweni? dan siapa nama suami dari Eyang Rr. Harweni?
    Mengenai soft file copy di komputer dalem belum punya, namun kalau buku Solosilah Eyang Kyai Ageng Gajah Surengpati saya ada..

    Wassalamualaikum wr wb

    BalasHapus
    Balasan
    1. alhamdulillah,menjawab pertanyaan njenengan,benar saya anak kedua bapak bambang arisakti,suami eyang Rr Harweni, kakek saya namanya eyang Margono,anak beliau ada 7 orang,4 putra dan 3 putri,bapak saya nomer 3,demikian penjelasan saya,matur nuwon

      Hapus
    2. Maaf saya Dewo . Nama nama eyang Sam dan eyang Harweni itu adalah saudara saya. Eyang Harweni biasa kami panggil dengan nama eyang Trowani ( karena tinggal di jl Trowani perak surabaya).. jadi kita saudara dong ya ...

      Hapus
  14. Balasan
    1. Iya Pak De Indra..
      Pak De Indra Wahyudi bukannya C255?

      Hapus
  15. Putra Oom Wo C25 adik budhe Tikah, saya pengin sekali ketemu dg putra wayah budhé Tikah di Dolopo hp saya 08562551551

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maturnuwun nomor kontaknya Pak De, nyuwun pangapunten dalem malah dereng natos kepanggihan kliyan grade putro wayah saking Eyang Intikah..

      Hapus
  16. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  17. Assalamualaikum. Nama saya Yolla, kode saya B41253. Saya mau menanyakan nama2 dari anak2 eyang Sosroredjan dari mulai A,B,C, dan seterusnya. Waktu kecil di jakarta saya ingat ibu saya pernah mendapatkan buletin Sosroredjan. Namun saat itu saya belum begitu paham. Saat ini saya tertarik untuk mengetahui lebih lanjut tentang silsilah. Terima kasih sebelumnya. Wassalam

    BalasHapus
    Balasan
    1. wa’alaikumussalâm. Iya Mbak Yolla salam kenal, bisa mbak, nunggu postingan saya ya, saat-saat ini yang saya posting masih terkait dengan leluhur-leluhur beliau, mengenai Buletin Sosroredjan atau Warta Sosroredjan dulu memang pernah ada dan dibagi-bagikan atau dikirimkan via Pos berlangganan, saya sendiri pernah membacanya, namun sayang sekali dari keluarga kami di Madiun atau bahkan di Dolopo tidak menyimpan Warta Sosroredjan tersebut sebagai kenang-kenangan, mungkin klo nantinya masih ada dari pihak keluarga yang lain akan saya coba untuk mempostingnya disini..

      Hapus
    2. Kalau tidak keberatan monggo kontak ke WA saya Mbak Yolla (0882-1742-8864),karena begini mbak silsilah jalur kebawah Eyang Kyai Sosroredjo saat ini hanya bisa disampaikan via Grup keluarga kemawon, sebagai antisipasi orang-orang yang tidak berkepentingan maupun orang-orang yang berniat tidak baik, semisal untuk mengaku-ngaku sebagai keturunan Eyang agar mendapat sebuah Serat Kekancingan di Kraton.

      Hapus
  18. mas brahmantia saya salah satu dr keturunan dg kode B13... sekarang saya menjadi kepala pusk di Tladan dimana sarean maduretno berada. apakah Gajah surengpati 1 dimakamkan nya disitu ? krn makam warga kraton di gunung bancak disitu .

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf kode B13 atas nama siapa njih? Iya betul Makam Eyang Gajah Surengpati I ada di Gunung Bancak, berikut dengan makam-makam prajurit Soreng (Sureng, karena sejauh ini informasi yang saya terima Eyang Gajah Surengpati I beliau adalah Mantri Emban di Kraton Yogyakarta dan lalu setelah Sepuh sebagai pamomong GBRAyu Maduretno (putri K.Sultan HB II) garwo dari R. Ronggo Prawirodirjo III (Bupati Madiun sekaligus Bupati Mancanegara Timur wilayah dari Kraton Yogyakarta).

      Hapus
    2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
  19. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  20. saya atas nama Nugrahini purnamaningrum , ibu saya soedarti , eyang saya soedarmini.ibu saya kode nya B136..

    BalasHapus
  21. aduh ralat mas...ini dr tante saya yg masih mengerti silsilah bahwa : Kartodihardjo Kode Induk B.3.1.1 sampai B.3.1.6 . Eyang putri sudarmini berkode B 3.1.3 artinya ibu saya B.3.1.3.6 dan saya nugrahini berkode B.3.1.3.6.1 .
    dimana saya bisa menghubungi mas bramantia ? saya dengar dr kades Giripurno ke depan ada rencana pemugaran makam , siapa tau nama abdi dalem kinasih bisa diterakan , sebagai R Gajah Surengpati I . Karena di dlm komplek makam utama ada 3 Makam , dan menurut penuturan pak kades , makam tanpa nama tsb adl makam emban kanjeng ratu..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Injih salam rahayu dumateng Mbak Nugrahini, nuwunsewu mengenai Pesarean Giripurno yang didalam cungkup utama ada beberapa makam, namun yg utama ada 3, terdiri dari makam Eyang R.Ronggo Prawirodirdjo III, lalu makam Eyang Gusti Bandara Raden Ayu Maduretno, dan satunya makam Abdi Dhalem. Nah mengenai makam Abdi Dhalem ini wujud bentuk nisan (kijingnya) type/prototype untuk makam seorang putri, dan mengenai suwargi Eyang R.Gajah Surengpati I sesuai keterangan dari Juru Kuncinya berada diluar cungkup utama (terdapat 1 makam yang dipagar tembok) dan terkenal dengan sebutan makam "Mbah Soreng", dahulu yg memberi pagar tembok setinggi 1 meter itu adalah dzuriyah saking Ponorogo, sedangkan makam "prajurit Soreng/Surengpati" berada terletak di sebelah barat pintu gerbang dan kolam.

      Hapus
  22. Lajeng, mengenai makam Abdhi Dalem estri memang tanpa nama, sampai sekarang masih diteliti siapakah sejatinya sosok tersebut, menurut informasi saking panjenengan bahwa Lurah Giripurno menyebutnya sebagai sosok Emban dari Eyang GBRAyu Ratu Maduretno, adakah kira-kira sosok Emban putri tersebut berkaitan erat dengan sosok Eyang R.Gajah Surengpati (Mantri Emban Kraton Yogyakarta) ??, Bisa jadi istrinya atau bisa jadi sosok yg lebih penting kedudukannya yg oastinya berkaitan erat dengan Eyang GBRAyu Ratu Maduretno.

    BalasHapus
  23. Wahh saya keliru yaaa...maklum gak terlalu memperhatikan silsilah dulu.
    Oh jadi eyang Fajah surengpati 1 ada di luar cungkup ya, memang saya lihat ada satu makam tampak bagus masih , meski sdh miring nisannya..warna nya sm spt warna yg di dlm... mas sdh saya wa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Njih maturnuwun, keberadaan Pesarean Eyang R. Gajah Surengpati I bin Kanjeng Raden Mas Tumenggung Adipati Kudonowarso ing Wonogiri, sampai detik ini bagi saya 60%-40%, artinya 60% saya percaya pd informan pertama yg menginfokan saya pd th 2015 dan 40% saya masih ragu, saya masih menunggu informasi beberapa orang mengenai siapa sejatinya Pesarean tersebut meski tahun 2015 ada yg menyebut bahwa makam tersebut adalah makam "Mbah Soreng", tanpa data maupun kesaksian seseorang saya rasa masih belum bisa dianggap sebagai kebenaran atau belum bisa menjawab keraguan saya..

      Hapus
  24. Salam perkenalan buat mas Bram dari saya , Ibnu Hendratmoko (F1211). Saya sangat respek kepada mas Bram yang masih relatif muda (lahir 1980) yang telah berusaha menyatukan kel bes trah Sosrorejan. Saya lahir 1942 dan tinggal di Ciputat Jakarta.Semoga dengan adanya wadah ini kita bisa saling mengenal dan berkomonikasi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sugeng tetepangan Pak Ibnu, Aamiin Ya Rabbal'Alamin, iya Pak Ibnu saya Brahmantio (I 241 2), nuwunsewu Panjenengan keponakan dari Pak Puh Moelyono Dolopo njih, cucu dari Eyang Sarini dan Eyang Sapto Prawiro Adisumo (kedua Eyang Panjenengan setelah saya telusuri dalam silsilah Bupati-Bupati Madiun ternyata masih sama-sama keturunan Eyang Kyai Ageng Suleman/Kyai Datuk Sulaiman putra Raja Bima III) Alhamdulillah, dalem sering sowan dumateng Pak Puh Moelyono, dan sebisa mungkin seminggu sekali saya usahakan untuk sowan ke beliau, hehehe..

      Hapus
    2. Maaf untuk putra dr Ki Ageng Gadjah Surengpati 2,,apakah ada yg namanya R .tumejdo.

      Hapus
    3. Maaf baru balas, Eyang Gajah Surengpati II tidak memiliki putra yang bernama R. Tumejo / Tumejdo...

      Hapus
  25. Assalamu'alaikum

    Saya sedulur dr Tulungagung trah tembayat juga

    Ini wa saya 088217955095

    Terimakasih 🙏🙏🙏

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wa'alaikumsalam..
      Trah Tembayat njih...mengenai Tembayat sedikit yang saya pahami, ada Mbak Den Ayu Linawati yang pernah saya dapatkan solosilah Ranji Sarkub dari beliau, Tembayat memang sudah ternama dan banyak yg sudah mengenalnya..

      Namun mohon maaf tujuan Blog Sosroredjan ini hanya utk lebih fokus ke keluarga besar Sosroredjan saja..

      Terimakasih

      Hapus
  26. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  27. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  28. Assalamualaikum...saya Dewo . Putra bungsu dari Bpk Harmoko Kartodigdo dulu desa bapak saya di dlopo , dan waktu masa kuliah saya sempat diajak ziarah ke sebuah makam di tengah hutan , menyeberang sungai, menurut bapak saya itu adalah makam leluhur saya. Tapi kala itu namanya anak muda saya tidak begitu perduli.sekarang saya jadi ingin tahu siapa sebenarnya eyang kudonowarso itu. Terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wa'alaikumsalam, iya betul Eyang R. Kudonowarso putra Eyang Kartodigdo, beliau bekerja di Landrante atau bagian pemungutan pajak pada masa Indonesia belum lahir tepatnya pada masa Hindia Belanda, dari cerita yang saya dapat konon beliau ini orang pertama Dolopo yang memiliki Mobil..

      Hapus
  29. Assalamualaikum
    Saya Meity Rahayu bin Ponimin

    Saya cucu buyut dari Raden Ayu Kustilah binti RM. Prawirososro

    Yang menikah dengan Opa buyut Gusti Abdul Aziz Tjikranegara dari Kesultanan Mempawah Kalimantan Barat

    Opa buyut memiliki Putra salah Satunya adalah Opa Gusti Anwar Aziz Tjikranegara bin Gusti Abdul Aziz Tjikranegara yang menikah dengan Ronia binti Sofyan Dan memiliki Putri ibu Saya Utin Suminar Amrah binti Gusti Anwar Aziz Tjikranegara

    Saat ini kami sedang menelusuri silsilah keluarga

    Adakah yang bisa membantu members info tentang Opa Buyut Raden Ayu Kustilah?

    Terima kasih sebelumnya 🙏🙏

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wa'alaikumsalam, wah mohon maaf sepertinya ini beda jalur, mungkin ada yg sama dengan nama Eyang R. Mas Prawirososro, sedangkan yg saya lihat di Silsilah yang saya pegang yaitu Silsilah Brang Wetanan Mataram, R. Mas Prawirososro menikah dengan 2 orang, yaitu putri dari Eyang Patih Madiun dan satunya lagi dengan putri dari Wedana Prajurit Madiun, kesemuanya tidak ada putra maupun putri yang bernama R. Ayu Kustilah..

      Hapus
  30. Assalamualaikum, mohon gabung, saya Suyudi tinggal di Ponorogo.
    Sekitar awal th 2000an ketika reuni keluarga EYANG DJOYO RIPANGI masih aktif, ada yg bercerita bahwa Eyang Djoyo Ripangi masih keturunan Gajah Sorengpati.
    Sewaktu kecil dulu saya sering diajak orangtua menginap di rumah keprabon Eyang Djoyo Ripangi di dusun Juwet, di sebelah baratnya rumah alm. Ki Dalang Gondo Buwono

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wa'alaikumsalam, boleh tau siapa yang bercerita Pak? mohon maaf dalam Silsilah Gajah Surengpaten, Silsilah Uteran dan Silsilah Madiunan, tidak tercantum nama Eyang Kyai Ageng Gajah Surengpati II mempunyai putra yg bernama Kyai Djoyo Ripangi maupun Kyai Joyo Rifa'i...

      Kalau Ki Gondo Buwono saya paham, beliau sanes Trah Sosroredjan maupun Trah Gajah Surengpaten, karena dalam silsilah tidak tercantum nama beliau, sosok alm. Dalang tersohor di Indonesia ini salah satu putranya menikah dengan saudara sepupu dari Ibu Mertua saya...hehe..

      Hapus
  31. salam kenal mas bram ...saya adalah keturunan mbah cokrosono dari jalur mbah kariyah...mau nanya kalo gajah soreng pati di babad bangunsari dengan mbah soreng pati di keluarga sosrorejan itu orng yang sama ato beda...nuwun sewu saya ingin mengetahui leluhur saya mas...matur suwun

    BalasHapus
    Balasan
    1. Njih Mas Wawan, kita sudah komunikasi di WA 20 April 2024, yg jelas jika merujuk pada lokal history Désa Bangunsari, dimana disebutkan bahwa Mbah Gajah Surengpati yg tinggal di Tambak Merang, Bader, memiliki putra bernama Cokrosono yg oleh Palang Dolopo dijodohkan dengan putri dari adiknya, namun jauh sebelumnya pada waktu itu Kyai Ageng Gajah Surengpati ayah dari Palang Dolopo sudah sedo saat sang Palang Dolopo berusia 10 tahun, jika hal tersebut merujuk bahwa Palang Dolopo adalah sosok R.Sosroredjo, maka sosok Gajah Sorengpati Tambak Beras Desa Bader bukan lah sosok yg sama dengan Kyai Ageng Gajah Surengpati Wedono Prajurit Madiun ayahanda R.Sosroredjo Palang Dolopo..

      Hapus

DUKUH SANGGRAHAN TEMPAT ASAL IBUNDA PAHLAWAN NASIONAL H. Dr. R. SOEHARTO SASTROSOEYOSO

Ibundanya memiliki bakat dalam mengobati dan menyembuhkan orang sakit, ternyata pekerjaan mulia tersebut menurun kepada putranya H. Dr. R. S...